Perpanjangan SIM A di Polres Depok Jawa Barat

Sekarang, baru terasa asap perubahan performa di Polres Depok berkaitan dengan pengurusan SIM. Dulunya, baru mau masuk saja sudah di-caloin. Semakin berkembang, petugas lalu menawarkan jasa untuk pengurusan cepat di meja. Kini, tidak ada lagi petugas seragam. Benar-benar rapi dan terjaga. Berikut pengalaman ketika memperpanjang SIM A di Polres Depok.

Persiapan:
1. Siapkan copy KTP (2 lembar) dan SIM A asli.
2. Datang pagi atau siang tidak masalah. Proses cepat, kecuali untuk bikin baru karena harus ujian. Untuk perpanjang, tidak perlu ujian, namun masih harus tes kesehatan.
Prosedur (lihat gambar):
Langkah 1:
Masuk ke halaman Polres dan ambil tiket di pintu jaga. Bayar Rp. 1000 (motor). Parkir di kotak hijau. Pertama, Anda cek mata dulu, letakkan copy KTP di kotak luar dan tunggu dipanggil. Setelah dipanggil, siapkan Rp. 15.000 (siluman? entahlah, no kuitansi) dan sebutkan untuk perpanjangan SIM A mobil. Nanti akan disuruh baca titik-titik warna membentuk angka (45 dan 2). Lalu, tes mata kiri dan kanan (147 bla bla). Bila OK, langsung dapat formulir untuk membayar ke bank (formulir SIM).
Langkah 2:
Berikan formulir kesehatan dan serahkan SIM asli, bayar Rp. 60.000 sesuai formulir SIM.
Langkah 3:
Sekarang, turun ke bawah, tapi dicap dulu tangan Anda dengan tulisan “Pemohon SIM”. Isi formulir dan berikan cap jempol kanan (lak tersedia) di meja. Bayar asuransi Rp. 15.000 dan berikan copy KTP. Cuma loket ini yang menginformasikan biaya di tempel.
Langkah 4:
Berikan formulir yang sudah diisi ke loket pendaftaran. Tunggu sampai di panggil. Anda duduk saja di beranda sambil nonton TV. Untuk perpanjangan SIM, di meja tersedia lembaran untuk ditandatangani. Lembaran ini nantinya di-scan untuk dicetak di kartu SIM.
Langkah 5:
Setelah dipanggil untuk difoto, masuk saja dan duduk. Nanti akan disuruh tegak dan letakkan jempol di scanner. Selesai, kata petugas. Silahkan menunggu di luar untuk mendapatkan SIM.

Setelah 45 menitan, SIM selesai. Proses berlangsung sekitar 1 1/5 jam. Biaya total Rp. 90.000,-.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s